UDiNus Repository

Perataan Laba Dan Variabel Yang Mempengaruhinya Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014

ARNINDA, FEGATAMA (2016) Perataan Laba Dan Variabel Yang Mempengaruhinya Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3802b) | Preview

    Abstract

    Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan karena didalam laporan keuangan terdapat berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan perusahaan. Salah satu komponen laporan keuangan yang dirasa penting dan langsung dilihat oleh pengguna laporan keuangan untuk melakukan keputusan ekonomi seperti membeli, mempertahankan dan menjual investasi bagi investor adalah laba. Oleh karena itu, manajemen memiliki kecenderungan untuk melakukan tindakan yang dapat membuat laporan keuangan terlihat sehat secara finansial dan mencerminkan perusahaan sehat stabil salah satunya adalah tindakan perataan laba (Income Smooting). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 61 perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014 yaitu sebanyak 35 perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan operating profit margin tidak berpengaruh terhadap perataan laba pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Sedangkan variabel kepemilikan institusitional menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap perataan laba pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:27
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19319

    Actions (login required)

    View Item