UDiNus Repository

PENULISAN NASKAH DALAM FILM TELEVISI "MESIN FOTOKOPI"

NELLY, SELLA MART (2016) PENULISAN NASKAH DALAM FILM TELEVISI "MESIN FOTOKOPI". Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kehadiran televisi di tengah-tengah masyarakat sedikit banyak memberi pengaruh dalam kehidupan. Perkembangan televisi saat ini lebih menunjukan bahwa televisi beralih fungsi menjadi ladang investasi. Hal ini terjadi akibat masyarakat atau pemirsa cenderung bersifat pasif terhadap suguhan tayangan televisi. Kurangnya tayangan televisi untuk anak sangat berpengaruh untuk perkembangan anak. Psikolog anak Ergin Indra Laksana mengatakan, bahwa, sifat anak yang memfotokopi membuat anak lebih cepat meniru apa yang dia tonton dan dengar. Walau begitu belum banyak orang tua yang menyadari tentang bahayanya dampak negatif televisi. Untuk itu penulis membuat sebuah film televisi bergenre anak dengan judul MESIN FOTOKOPI. Judul Mesin Fotokopi diambil dari 2 kata yaitu “Mesin” dan “Fotokopi”. Kata Mesin diambil dari televisi, sedangkan kata Fotokopi diambil dari sifat anak yang memfotokopi. Film televisi Mesin Fotokopi bercerita tentang seorang anak bernama Dika yang terkena dampak negatif dari tayangan televisi. Dampak dari tayangan televisi sudah mempengaruhi perilaku Dika. Namun apa yang terjadi pada Dika bukan semata-mata kesalahan televisi. Dalam film ini penulis berperan sebagai penulis naskah yang menentukan ide cerita dan mengembangkannya menjadi sebuah skenario dalam film ini. Dari film Mesin Fotokopi diharapkan dapat memberikan nilai edukasi tentang efek negatif televisi, dan dapat memberi pengetahuan untuk orang tua bagaimana harus bertindak ketika anaknya terkena dampak negatif televisi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Penyiaran
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19383

    Actions (login required)

    View Item