NADIA, ARINI BUDIANI (2016) IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GUNA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENYATAKAN PENDAPAT DI MEDIA SOSIAL SECARA BIJAK. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Salah satu fenomena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah media sosial yang dapat diakses dengan mudah menggunakan internet dan gadget. Banyak hal positif yang diperoleh, tetapi media sosial juga memiliki dampak negatif apabila digunakan dengan kurang bijak. Salah satunya adalah kasus ujaran kebencian. Seseorang atau sekelompok orang yang bersembunyi dibalik akun palsu atau akun pribadi, menyebarluaskan opini bersifat subjektif dengan menggunakan bahasa yang cenderung menjelek-jelekkan. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman mengenai literasi digital. Sehingga sosialisasi mengenai literasi digital berbentuk kampanye iklan layanan masyarakat dapat menjadi solusi dalam mengatasi dampak negatif dari media sosial. Metode penelitian kualitatif dipilih untuk memahami fenomena penggunaan media sosial serta analisis data menggunakan 5W1H untuk menghasilkan pedoman/ acuan dalam perancangan. Hasil analisis yaitu target audiens dari perancangan ini adalah anak muda yang cenderung mengikuti trend dan gemar berkumpul untuk bertukar informasi di tempat-tempat yang menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi. Maka, media utama yang dirancang adalah video motion grafis yang akan ditayangkan dalam display monitor di tempat-tempat berkumpulnya target audiens. Dirancang pula beberapa media pendukung berbentuk poster, spanduk/ banner, x-banner, stiker dan merchandise. Diharapkan target audiens lebih memahami literasi digital dan menerapkan pesan dalam sosialisasi ini agar menjadi pengguna media sosial yang bijak.
Actions (login required)