UDiNus Repository

IMPLEMENTASI METODE AHP-TOPSIS UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN PINJAMAN MODAL (STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA PEKALONGAN)

AULIA, FAZA PUTRA (2016) IMPLEMENTASI METODE AHP-TOPSIS UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN PINJAMAN MODAL (STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA PEKALONGAN). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Potensi Kota Pekalongan dalam hal usaha dan bisnis sangatlah besar, untuk mendukung semua kegiatan bisnis yang ada di Kota Pekalongan keberadaan Koperasi sangat dibutuhkan bagi para pelaku usaha, pada penelitian ini dilakukan studi kasus pada sebuah Koperasi simpan pinjam Jasa (Kospin Jasa) yang bergerak dibidang simpan pinjam yang akan melayani seluruh pinjaman permodalan bagi masyarakat wilayah Kota Pekalongan. Proses penilaian oleh analis kredit Kospin Jasa dilakukan dengan survey manual, yaitu secara langsung mendatangi nasabah dengan melihat aset jaminan dan kondisi perekonomiannya untuk memperkirakan layak tidaknya seorang nasabah memperoleh pinjaman, sehingga untuk mengurangi resiko kredit macet nasabah dibutuhkan suatu perhitungan komputasi, yaitu dengan menerapkan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, alternatif yang dimaksud adalah nasabah yang berhak memperoleh pinjaman modal berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pengurutan kandidat untuk memperoleh pinjaman. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah program yang dapat mengurutkan nasabah yang bisa menjadi sebuah pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk menerima pinjaman modal.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:31
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19623

    Actions (login required)

    View Item