UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA C4.5 DALAM MEMPREDIKSI CALON MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERISTAS DIAN NUSWANTORO

ALEXANDER, WISNU.P DEVANDA (2016) IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA C4.5 DALAM MEMPREDIKSI CALON MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERISTAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3999b) | Preview

    Abstract

    Klasifikasi prediksi calon mahasiwa yang mendaftar pada program studi sistem informasi untuk memprediksi apakah calon mahasiswa mendaftar pada proram studi sistem informasi atau tidak mendaftar pada porgram studi sistem informasi di Universitas Dian Nuswantoro. Klasifikasi prediksi menggunakan data mining dengan algoritma C4.5. Data yang digunakan pada penelitian yaitu data calon mahasiswa 2013 hingga 2015 . Atribute yang digunakan dalam proses data mining algoritma C4.5 yaitu atribute tahun masuk, jenis kelamin, asal sekolah, kota asal, provinsi , jurusan , gelombang pendaftaran, tahun ijazah, dan jumlah nilai Ujian Nasional. Proses data mining dilakukan pada data training yaitu calon mahasiswa yang mendaftar pada program studi sistem informasi periode 2013 dan periode 2014 yang akan menghasilkan pohon keputusan atau rules. Metode pada tahap evaluasi dilakukan pada penelitian ini menggunakan confusion matrix dan nilai akurasi. Pengujian dilakukan 3 kali dengan prosentase 70% data training dan 30 % data testing, data training 80% dan data testing 20%, pengujian terakhir dengan 90% data training dan 10% data testing. Didapatkan nilai akurasi tertinggi yaitu 80% pada pengujian ketiga dengan prosentase 90% data training dan 10% data testing. Hal ini membuktikan bahwa algoritma C4.5 akurat dalam memprediksi calon mahasiswa yang mendaftar pada program studi sistem informasi Universitas Dian Nuswantoro.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:38
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19792

    Actions (login required)

    View Item