DEWI, MASRUROH (2016) KAJIAN NIRMANA PADA FOTO PRODUK ONLINESHOP ADORABLE PROJECT TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Nirmana merupakan ilmu keindahan atau ilmu seni dan desain. Nirmana dapat menjadi acuan dasar dalam merancang suatu karya seni termasuk karya fotografi. Terdapat beberapa jenis fotografi, salah satunya fotografi komersil yang diperuntukkan untuk periklanan. Fotografi komersil dapat berupa foto produk yang dibuat untuk keperluan promosi sebuah produk. Untuk menghasilkan foto yang menarik atau memiliki keindahan, nirmana dapat digunakan sebagai asas dalam penataan objek dan psikologi warna, namun bagaimana proses penerapannya dan sampai tingkat mana nirmana dapat meningkatkan keindahan dan keefektifan dalam foto produk, penulis bermaksud melakukan kajian mengenai implementasi nirmana pada foto produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang diperkuat dengan studi pustaka dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis formal dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar seni rupa dan psikologi warna. Analisa dilakukan dengan membahas satu persatu prinsip dasar seni rupa dan makna warna yang terkandung. Pengkajian menghasilkan pemahaman mengenai penerapan dan manfaat nirmana pada foto produk. Pengkajian ini dapat menjadi acuan dalam penciptaan foto produk untuk kepentingan komersil, sehingga fotografer dapat mencipta foto yang menarik serta tepat sasaran dalam penyampaian pesan.
Actions (login required)