MUCHAMMAD, AL-GHODBAN RIDHO (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3799b) | Preview |
Abstract
Data Mining merupakan proses ekstraksi sebelumnya tidak kenal dan dipahami dari database berukuran besar dan digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang penting. Studi Kasus yang digunakan dan diterapkan dalan tugas akhir ini adalah data kuisioner proses pembelajaran untuk dikelola menggunakan algoritma K-Means dengan metode Clustering. Metode Clustering merupakan suatu metode klasifikasi unsupervised dalam teknik data mining yang mengelompokkan data kedalam satu atau lebih cluster. Metode ini mengelompokkan data ke dalam satu cluster yang memiliki karakteristik yang sama. Proses Pembelajaran dilakukan untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang berguna dan dapat di terapkan dalam kehidupan. Dengan metode k-means dihasilkan 3 cluster akhir pada setiap bidang, dengan data Tidak puas sebanyak 86 siswa atau sejumlah 43 %, Cukup puas sebanyak 69 siswa atau sejumlah 34,5 % dan Puas 45 siswa atau sejumlah 22,5 %. Dengan tingkat kepuasan siswa yang telah diketahui maka pihak Sekolah dapat mengambil suatu kebijakan evaluasi dengan meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:40 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:40 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19971 |
Actions (login required)
View Item |