UDiNus Repository

ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP MINAT BELI PADA PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA

Margaretha, Yolla (2011) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP MINAT BELI PADA PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Semantik 2011. pp. 10-19. ISSN ISBN 979-26-0255-0

[img] PDF
Restricted to Registered users only

Download (411Kb) | Request a copy

    Abstract

    Dewasa ini persaingan sangat ketat dalam penyelenggaraan jasa pendidikan, hal itu merupakan bentuk respon timbal balik menanggapi jumlah kebutuhan akan jasa yang selalu meningkat. Magister Manajemen (MM) Universitas Kristen Maranatha (UKM) sebagai salah satu sekolah bisnis ternama di Indonesia hadir untuk menjawab kebutuhan akan pendidikan strata S2 (Program Pasca Sarjana), yang tentunya siap untuk bersaing di tengah ketatnya persaingan jasa pendidikan. Salah satunya dengan mengupayakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang merupakan sebagai salah satu faktor dalam mempengaruhi minat beli (intense to buy) konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 177 responden. Pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 14 dengan analisis deskriptif dan verifikatif, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,339. Hal ini menunjukkan bahwa variable-variabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan 33,9% pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli pada Program MM UKM, sementara sisanya 66,1% dijelaskan oleh variable-variabel bebas lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat variabel dari bauran pemasaran jasa yaitu Product, Price, Physical Evidence, dan Process mempunyai pengaruh terhadap minat beli pada Program MM UKM. Sedangkan tiga variabel lainnya yaitu Place, People, dan Promotion, ternyata tidak mempunyai pengaruh terhadap minat beli pada Pogram MM UKM. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Minat Beli, Magister Manajemen.

    Item Type: Article
    Subjects: Ilmu Sosial > HB Economic Theory
    Semantik 2013 > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Library of Congress Subject Areas > Ilmu Sosial > Manajemen
    Depositing User: Imanuel Harkespan
    Date Deposited: 26 Jun 2012 16:29
    Last Modified: 22 Dec 2014 12:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20

    Actions (login required)

    View Item