UDiNus Repository

PENGARUH DPS, ROE, NPM, DER, DAN MVA TERHADAP HARGA SAHAM ( Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)

DEWI, SALVA KURNIA (2016) PENGARUH DPS, ROE, NPM, DER, DAN MVA TERHADAP HARGA SAHAM ( Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3694b) | Preview

    Abstract

    Perusahaan dalam menjalankan suatu kegiatan operasional perusahaan pasti akan membutuhkan dana yang sangat besar. Salah satunya upaya untuk mendapatkan sumber dana yaitu dengan menjual saham perusahaan kepada investor. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan rasio keuangan, agar investor mengetahui perusaaan bersangkutan memiliki harga saham yang tinggi atau sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham suatu perusahaan. Adapun faktor yang mempengaruhi harga saham perusahaan antara lain DPS, ROE, NPM, DER dan MVA. Sampel data dalam penelitian ini sebanyak 125 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2014 dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa DER dan ROE berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan variabel NPM dan MVA tidak berpengaruh terhadap harga saham. Terdapat satu variabel DER tidak terjawab hipotesisinya karena variabel dihapus dari penelitian, dikarenakan terjadi kasus multikonieritas diawal uji model.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:48
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20124

    Actions (login required)

    View Item