UDiNus Repository

Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perusahaan yang Mengalami Kesulitan Keuangan (Financial Distress)

ILHAM, PANDIKA (2016) Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perusahaan yang Mengalami Kesulitan Keuangan (Financial Distress). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3563b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari struktur tata kelola perusahaan (corporate governance) yang terdiri dari ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan ukuran komite audit serta ukuran perusahaan (firm size) terhadap kondisi kesulitan keuangan (financial distress) perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Sebanyak 31 perusahaan yang dipakai sebagai sampel pada penelitian ini dalam kurun waktu 3 tahun, yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada keenam variabel, terdapat satu hipotesis yang diterima yaitu ukuran dewan direksi berpengaruh terhadap kondisi kesulitan keuangan. Sedangakan ukuran dewan komisaris, komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran komite audit dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada kondisi kesulitan keuangan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:48
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20139

    Actions (login required)

    View Item