NAZILLA, AZIZ. ABDUL (2016) Pengaruh kepercayaan (trust), biaya peralihan(switching cost), dan kepuasan(satisfaction) terhadap loyalitas kartu prabayar merek IM3 di Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Saat ini persaingan dalam bisnis telepon seluler sangat ketat, sehingga setiap perusahaan atau operator yang mengeluarkan berbagai kartu seluler tersebut saling berlomba untuk memenangkan persaingan. Salah satu merek kartu seluler yang sudah dikenal adalah Kartu IM3. Berdasarkan data, market share Kartu IM3 mengalami penurunan dari tahun 2013 sampai 2015 yaitu dari 20,0% tahun 2013 menjadi 15,6% tahun 2014 bahkan menurun menjadi 14,0% tahun 2015. Salah satu keunggulan dalam persaingan adalah semakin meningkatnya jumlah konsumen yang menggunakan salah kartu yang dikeluarkan oleh perusahaan telepon seluler tersebut, dengan asumsi konsumen lama tidak beralih ke kartu seluler lain atau loyal. Loyalitas konsumen merupakan kesediaan konsumen untuk menggunakan produk perusahaan dalam jangka panjang. Biasanya loyalitas konsumen akan berlanjut hanya sepanjang konsumen merasakan bahwa ia menerima nilai yang lebih baik dibandingkan penyedia jasa lain. Banyak faktor dapat mempengaruhi loyalitas konsumen, seperti kepercayaan, biaya peralihan dan kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, biaya peralihan dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kartu prabayar merek IM3 di Semarang. Sampel yang dipilih 105 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1). Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. 2). Biaya peralihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. 3). Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen
Actions (login required)