UDiNus Repository

Perbandingan Biaya Standar dan Biaya Aktual Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi pada CV. Surya Gemilang Jaya

AVRY, KUSUMA DUMA (2016) Perbandingan Biaya Standar dan Biaya Aktual Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi pada CV. Surya Gemilang Jaya. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3580b) | Preview

    Abstract

    Semakin meningkatnya persaingan dalam dunia usaha memaksa suatu usaha untuk mampu mengelola biaya produksinya secara efektif dan efisien. Salah satu usaha untuk mencapai hal tersebut adalah dengan penerapan biaya standar. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis penerapan biaya standar yang dibandingkan dengan biaya aktual dan digunakan untuk mengendalikan biaya produksi furniture pada C.V Surya Gemilang Jaya. Penerapan biaya standar dapat dijadikan pedoman untuk mengetahui biaya yang seharusnya terjadi dalam proses produksi. Ketika biaya standar telah ditentukan dan biaya aktual telah diketahui pada akhir proses produksi, maka biaya standar dan biaya aktual dibandingkan dan akan menghasilkan varians atau selisih. Berdasarkan hasil perhitungan analisis yang membandingkan biaya standar dengan biaya aktual disimpulkan bahwa dalam proses produksi furniture C.V Surya Gemilang Jaya, selisih kerugian terjadi pada biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja yang digunakan namun untuk biaya overhead pabrik terjadi selisih yang menguntungkan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:49
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20161

    Actions (login required)

    View Item