UDiNus Repository

Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Job Order Costing Method Dalam Penentuan Harga Jual Pada PT. Ungaran Printing Apparel Semarang

DIMAS, WICAKSONO ADI (2016) Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Job Order Costing Method Dalam Penentuan Harga Jual Pada PT. Ungaran Printing Apparel Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan guna mengevaluasi penentuan harga jual melalui perhitungan harga pokok produksi, pada PT. UNGARAN PRINTING APPAREL Semarang dengan metode pesanan (job order costing method) berdasarkan data - data biaya produksi pada Juli 2015. Perusahaan memproduksi suatu produk berdasar pada pesanan, kemudian perusahaan menentukkan harga pokok produksi di muka ketika ada pesanan yang masuk dari konsumen. Penentuan harga pokok produksi tersebut bermaksud agar perusahaan dapat menentukan laba yang diharapkan manajemen ketika terjadi proses tawar menawar dengan konsumen. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perhitungan evaluasi harga jual menurut perusahaan untuk pesanan pigment print 1.000 item, tingkat persentase keuntungannya adalah sebesar 36% sedangkan perhitungan evaluasi harga jual pada metode job order costing adalah sebesar 56%.Berdasarkan hasil evaluasi terdapat perbedaan perhitungan harga pokok produksi antara perhitungan perusahaan dengan metode job order costing disebabkan karena perusahaan tidak mengidentifikasi secara rinci unsur - unsur harga pokok produksi, sehingga harga pokok produksi yang dihitung oleh perusahaan menjadi terlalu tinggi. Meskipun kedua metode tersebut dapat memenuhi target laba yang diinginkan perusahaan, perusahaan perlu mempertimbangkan informasi biaya yang dihasilkan agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan maka disarankan agar perusahaan menggunakan metode job order costing karena metode ini lebih akurat dalam menghitung harga pokok produksi, sehingga dapat memaksimalkan laba. Perusahaan memiliki dua pilihan strategi dalam penetapan harga jual yaitu, bertahan dengan harga jual saat ini atau menurunkan harga jualnya (sesuai dengan kontribusi laba yang diinginkan sebesar 20% sampai 30% sesuai dengan tingkat kesulitan produk yang dipesan) sehingga dapat memperluas pasar karena memiliki harga jual yang lebih bersaing atau rendah.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:49
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20174

    Actions (login required)

    View Item