UDiNus Repository

Pengaruh Faktor-faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Auditor pada BPKP Provinsi Jawa Tengah

MUKHLISIN, (2016) Pengaruh Faktor-faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Auditor pada BPKP Provinsi Jawa Tengah. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3965b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh faktor akuntabilitas auditor yang berdimensi dari motivasi dan kewajiban sosial. Sedangkan faktor profesionalisme auditor yang dimaksud dalam penelitian ini menggunakan empat pendekatan yang terdiri dari pengabdian pada profesi, hubungan serekan profesi, kemandirian, dan keyakinan pada profesi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (data primer) pada auditor pemerintah di BPKP Provinsi Jawa Tengah yang diedarkan kepada 69 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian casual (hubungan sebab dan akibat). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang didalamnya terdiri dari Uji Reliabilitas dan Uji Validitas, Uji Asumsi Klasik (Normalitas, Multikolonieritas dan Heterokedastisitas), Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis (Uji F dan t), dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, kewajiban sosial, hubungan serekan profesi, kemandirian, dan keyakinan pada profesi berpengaruh terhadap kualitas auditor. Dan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kualitas auditor adalah keyakinan pada profesi. Sehingga untuk meningkatan kualias auditor yang lebih baik dibutuhkannya faktor akuntabilitas dan faktor profesionalisme pada BPKP Provinsi Jawa Tengah.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:49
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20182

    Actions (login required)

    View Item