UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PADA PELAJAR SMP IBU KARTINI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2016 (STUDI KASUS SMP IBU KARTINI SEMARANG)

TRI, BUDI DHARMA (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PADA PELAJAR SMP IBU KARTINI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2016 (STUDI KASUS SMP IBU KARTINI SEMARANG). Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3979b) | Preview

    Abstract

    Keselamatan berkendara / safety riding adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara demi menciptakan suatu kondisi yang aman. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor – faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding pada pelajar SMP Ibu Kartini Semarang tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional metode yang digunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 192 pelajar kelas lX SMP Ibu Kartini Semarang dengan sampel 42 pelajar. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Uji korelasi pearson product moment dan rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku safety riding pada pelajar SMP Ibu Kartini kelas 9. Tidak ada hubungan antara perilaku Safety Riding dengan pengetahuan (p-value= 0,512), sikap (p-value= 0,183), peran keluarga (p-value = 0,118), serta ada hubungan Perilaku Safety Riding pada pengaruh teman (p-value = 0,031). Pihak sekolah perlu meningkatkan pengetahuan pelajar terhadap perilaku safety riding melalui pembinaan disiplin berlalu lintas misalkan memberikan penyuluhan tentang keselamatan berkendara. Memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:53
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:53
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20329

    Actions (login required)

    View Item