UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Mix Promotion, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening

SYOFA, YOSITASARI ADELYA (2016) Analisis Pengaruh Mix Promotion, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan industri otomotif Indonesia menjadi faktor utama merangkaknya pertumbuhan kendaraan bermotor yang hal tersebut berdampak pula pada tingginya kebutuhan minyak pelumas kendaraan. Fastron merupakan salah satu merek pelumas mobil yang menjadi unggulan dari PT. Pertamina Lubricants. Terbagi menjadi empat varian dan berbagai ukuran botol menjadikan Fastron sebagai salah satu pelumas primadona di kalangan masyarakat Kota Semarang. Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses mix promotion, kualitas produk dan brand image dari pelumas Fastron dapat berpengaruh terhadap loyalitas para konsumen melalui kepuasan yang dirasakan secara langsung. Metode yang akan digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis) serta pengembangan strategi menggunakan Analisis SWOT. Analisis Jalur adalah alat untuk menganalisa pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel bebas terhadap variabel mediasi atau variabel terikat. Analisis SWOT digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan perhitungan dan pembobotan faktor internal dan eksternal. Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas konsumen dan variabel brand image berpengaruh secara tidak langsung melalui variabel kepuasan sebagai intervening. Berdasarkan perhitungan Analisis SWOT, nilai faktor internal yaitu kekuatan (strength) sebesar 2,10 dan kelemahan sebesar (weakness) 1,25. Kemudian faktor eksternal yaitu peluang (Opprtunities) sebesar 1,65 dan ancaman (Threats) sebesar 0,90. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa PT. Pertamina Lubricants Sales Region IV berada pada tahap Rapid Growth Strategi dimana perusahaan memiliki kemampuan untuk merubah potensi yang dimiliki menjadi sebuah prestasi dan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya sekaligus untuk memperluas peran serta memanfaatkan berbagai peluang yang telah ada.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:02
    Last Modified: 04 May 2017 15:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21329

    Actions (login required)

    View Item