UDiNus Repository

PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN KRUPUK UDANG MENGGUNAKAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. BAROKAH

MOHAMAD, SAIDI SALIM (2017) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN KRUPUK UDANG MENGGUNAKAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. BAROKAH. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    INTISARI CV Barokah merupakan perusahaan yang bergerak pada produksi krupuk udang yang didirikan oleh bapak Bapak H. Choeron dari tahun 1985 di desa Donorejo RT 06 RW 02, kecamatan Karangtengah, kabupaten Demak, Jawa Tengah. Perusahaan mampu memproduksi krupuk ± 4 kwintal/hari. Dalam penjualannya CV Barokah mengalami penurunan yang salah satu faktor penyebabnya ialah strategi pemasaran yang belum optimal. CV Barokah memerlukan metode strategi pemasaran yang bisa lebih sistematis dalam mengatasi proses pemasaran produk. Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) merupakan metode untuk melakukan evaluasi pilihan alternatif secara objektif, menetapkan daya tarik relatif dari tindakan alternatif yang layak dan memutuskan strategi mana yang terbaik. Dengan menggunakan metode QSPM akan diidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang menghasilkan matriks IFE dan EFE untuk selanjutnya direpresentasikan dalam matriks IE. Matriks IFE 4,00 dan matriks EFE juga bernilai 4,00. Direpresentasikan dalam matriks IE, posisi CV Barokah berada pada kuadran I yang berarti “tumbuh dan kembangkan”. Tahap akhir penelitian ini ialah menyusun matriks QSPM untuk menganalisis formulasi strategi dari hasil IFE dan EFE sebelumnya. Dalam metode QSPM terdapat nilai Total Attractive Score (TAS) yang merupakan hasil dari perkalian antara bobot dengan nilai Attractive Score (AS). Didapatkan nilai TAS tertinggi ialah 10,69 yang menunjukkan strategi pertama yang harus diprioritaskan yaitu Memperbaiki sistem manajemen pada CV. Barokah Kata Kunci: Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Total Attractive Score (TAS), Attractive Score (AS)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:04
    Last Modified: 04 May 2017 15:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21372

    Actions (login required)

    View Item