UDiNus Repository

ANALISIS KELENGKAPAN PERSYARATAN KLAIM BPJS DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP BULAN JANUARI TAHUN 2016 BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BREBES

RIYADI, FADILA (2016) ANALISIS KELENGKAPAN PERSYARATAN KLAIM BPJS DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP BULAN JANUARI TAHUN 2016 BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BREBES. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (3940b) | Preview

    Abstract

    Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien , diagnosa, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada seorang pasien selama dirawat di rumah sakit. Di RSUD Brebes masih ditemukan ketidaklengkapan pengisian DRM rawat inap, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam proses klaim BPJS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kelengkapan persyaratan klaim BPJS DRM rawat inap bulan Januari 2016 di RSUD Brebes. Analisis dilakukan pada dokumen rekam medis selama periode januari 2016, 93 dokumen diambil secara random sampling. Pengumpulan data dengan melakukan observasi dan Hasil penelitian terdapat 19 dokumen yang tidak lengkap atau sekitar 20,4 %. Katagori yang tidak lengkap meliputi KTP : 1,1 %, biaya perawatan : 3,2 %, lembar resume : 10,8 grouper INACBG’s : 9,7 %. Alur prosedur dokumen rekam medis setelah dari bangsal seharusnya diserahkan ke bagian asembling dahulu sebelum diserahkan ke bagian BPJS. Waktu untuk melengkapi berkas maksimal 2 x 24 jam. RS sebaiknya membuat prosedur baru tentang pembuatan dokumen rekam medis untuk pasien baru.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:05
    Last Modified: 04 May 2017 15:05
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21381

    Actions (login required)

    View Item