UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PRAKTIK MENCUCI TANGAN MENGGUNAKAN HANDRUB PADA PERAWAT DI RSUD KOTA SEMARANG

HANUNG, WIJAYANTO (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PRAKTIK MENCUCI TANGAN MENGGUNAKAN HANDRUB PADA PERAWAT DI RSUD KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK HANUNG WIJAYANTO Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap terhadap Praktik Mencuci Tangan menggunakan Handrub pada Perawat di RSUD Kota Semarang tahun 2016 XXI + 73 HAL + 14 TABEL + 4 GAMBAR + 4 LAMPIRAN Infeksi nosokomial adalah infeksi yang diperoleh atau terjadi di Rumah Sakit berkaitan dengan penanganan di fasilitas pelayanan kesehatan. Infeksi jenis ini dapat diminimalisir, dengan melakukan prosedur perawatan yang benar, salah satunya mencuci tangan menggunakan handrub. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah perilaku kesehatan mencuci tangan menggunakan handrub oleh perawat sebagai petugas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pengetahuan dan sikap perawat terhadap praktik mencuci tangan menggunakan handrub. Metode penelitian menggunakan metode pembagian angket (kuesioner) berisi pertanyaan tentang variabel pengetahuan, sikap, usia perawat. Variabel ini akan dihubungkan dengan daftar pertanyaan variabel praktik mencuci tangan menggunakan handrub. Obyek penelitian akan difokuskan pada perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Kota Semarang. Hasil penilaian akan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji pearson product moment. Hasil pengumpulan angket menunjukkan hasil koefisien korelasi pengetahuan dengan praktik sebesar 0,185, koefisien korelasi sikap dengan praktik sebesar 0,4009, koefisien korelasi usia dengan praktik sebesar 0,004. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan dan usia kurang berpengaruh terhadap praktik. Namun variabel sikap mempengaruhi praktik mencuci tangan menggunakan handrub. Karena itu, pembinaan secara berkala untuk membentuk sikap perawat di RSUD Kota Semarang sangat diperlukan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:06
    Last Modified: 04 May 2017 15:06
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21384

    Actions (login required)

    View Item