UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DESA LIMBANGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016

FIRDA, ROSALIA ZULVYANI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DESA LIMBANGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Diare masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting karena merupakan penyumbang utama angkat kesakitan dan kematian anak di berbagai negara termasuk Indonesia. Hasil Data Dinas Kabupaten Kendal tahun 2014, kasus diare masuk dalam kategori luar biasa (KLB) dengan jumlah penanganan 22.383 penderita. Pada tahun 2014 di Puskesmas Limbangan tercatat sebesar 259 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Desa Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2016. Jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan case control. Jumlah ibu balita 30 sebagai kasus dan 30 sebagai kontrol. Sampel pada kelompok kasus dilakukan dengan metode random sampling, sedangkan pada kelompok kontrol dengan metode accidental sampling dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan observasi untuk melihat kondisi karakteristik fisik air minum, praktik mencuci tangan dan praktik penyimpanan makanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan pada parktik kebersihan ibu dengan nilai p value = 0,01 OR = 4. Tidak ada hubungan ASI Eksklusif dengan nilai p value = 0,121 OR = 2,259. Ada hubungan karakteristik fisik air minum dengan nilai p value = 0,038 OR = 3. Ada hubungan penyimpanan makanan dengan nilai p value = 0,037 OR = 3,051. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor yang berhubungan dengan kejadian diare di Desa Limbangan Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan adalah praktik kebersihan ibu, pemberian ASI Eksklusif, karakteristik fisik air minum, dan penyimpanan makanan. Disarankan bagi ibu yang memiliki bayi berusia 0-24 bulan harus memberi ASI Ekslusif, ibu yang mempunyai balita harus menyimpan makanannya dengan cara tertutup dan terhindar dari pencemaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:06
    Last Modified: 04 May 2017 15:06
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21385

    Actions (login required)

    View Item