UDiNus Repository

TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR KENDALA PELAKSANAAN RETENSI DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI FILING RSUD DR. SOEDOMO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016

TUWARDI, (2016) TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR KENDALA PELAKSANAAN RETENSI DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI FILING RSUD DR. SOEDOMO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Retensi adalah suatu kegiatan memisahkan dokumen rekam medis aktif dan inaktif . Berdasarkan survei awal, pada filling rawat jalan terdapat penumpukan dokumen yang tidak beraturan di RSUD dr. Soedomo. Terdapat hambatan pada pelaksanaan retensi karena kekurangan petugas filling rawat jalan serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung pelaksanaan retensi. Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor kendala pelaksanaan retensi dokumen rawat jalam di filing RSUD dr. Soedomo Kab. Trenggalek tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode observasi dan wawancara dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam peneltian ini adalah 4 petugas filing. Objek penelitian adalah prosedur retensi. Data dianalisa secara deskriptif Berdasarkan hasil pengamatan, Petugas kurang memahami kegiatan retensi. Petugas belum pernah mendapatkan pelatihan tentang rekam medis. Kebijakan tentang rentensi sudah ada namun Standar prosedur operasional belum ada, dan kurangnya sarana prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan retensi seperti KIUP, indeks dan petugas filing belum sepenuhnya menjalankan langkah prosedur retensi. Prosedur retensi baru berjalan 40%. Sehingga terjadi penumpukan dokumen yang tidak beraturan. RSUD dr. Soedomo Kab. Trenggalek perlu mengadakan pelatihan tentang rekam medis bagi petugas filing khususnya tentang pelaksanaan retensi, membuat jadwal daftar retensi, membuat Standard Prosedur Operational retensi, menambah sarana prasarana seperti KIUP dan indeks.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:08
    Last Modified: 04 May 2017 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21403

    Actions (login required)

    View Item