HARISTA, S. OKTAVIADI (2016) GAMBARAN PEMANFAATAN ULANG JASA PELAYANAN KESEHATAN BALAI PENGOBATAN UMUM BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS DI UPT POLIKLINIK UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Poliklinik didirikan untuk memberikan fasilitas pelayanan kesehatan baik kepada mahasiswa, karyawan dan keluarganya, serta masyarakat umum di sekitar lokasi kampus. Berdasarkan survei awal penelitian 10 mahasiswa yang berkunjung ke UPT poliklinik ketika sakit, 4 mahasiswa berpendapat bahwa kualitas pelayanan poliklinik sudah baik dan fasilitas yang kurang dari poliklinik yaitu ruang tunggu yang kurang luas, kurangnya kursi tunggu serta fasilitas timbangan tidak akurat. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran perilaku pemanfaatan ulang jasa pelayanan kesehatan Balai Pengobatan Umum UPT Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro berdasarkan kualitas pelayanan dan fasilitas di UPT Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian Mahasiswa aktif Universitas Dian Nuswantoro yang melakukan kunjungan ke Balai Pengobatan Umum UPT Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro minimal dua kali kunjungan dalam tiga bulan terakhir (50 orang). Menggunakan pendekatan Cross Sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dokter di Poliklinik sabar dalam memberikan pelayanan 78%; dokter di Poliklinik bersedia untuk menyapa pasien dengan baik 46%; petugas administrasi di Poliklinik bersedia untuk menyapa pasien dengan baik 60%; Ketersediaan kemoceng memadahi 72%; ketersediaan timbangan berat badan yang memadahi 24%; kelengkapan ketersediaan alat kedokteran berupa termometer di Poliklinik, tersedia dengan baik 30%; Setiap bulan, responden memeriksakan kesehatan responden di UPT Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro 74%; pelayanan petugas administrasi di UPT Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro sangat memuaskan 40%; kualitas pelayanan yang diberikan petugas apotik (apoteker), membuat responden memeriksakan kembai dirinya ke UPT Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro 40%. Peningkatan pelayanan kesehatan perlu dilakukan dalam komunikasi yang baik terhadap pasien seperti menyapa pasien dengan ramah sehingga pasien tertarik dan merasa lebih nyaman memeriksakan dirinya ke UPT Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro ketika sakit.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:12 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:12 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21440 |
Actions (login required)
View Item |