UDiNus Repository

Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Penentuan Harga Jual dengan Full Costing Method pada CV. Airin Graha Persada di Semarang

HESTI, SARI ARISTA (2016) Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Penentuan Harga Jual dengan Full Costing Method pada CV. Airin Graha Persada di Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3857b) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi CV. Airin Graha Persada dan perbandingan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode Full Costing. Penelitian dilakukan pada CV. Airin Graha Persada yang berlokasi di jalan Tambra no 2-4 RT 009 RW 002 Kelurahan Purwosari Kecamatan Semarang Utara yang bergerak dibidang garmen. Data yang digunakan adalah data kuantitatif, sumber data berupa data primer yaitu melakukan wawancara dan observasi. Sertadata sekunder yang bersumber dari studi kepustakaan yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian dari harga pokok produksi dan harga jual metode perusahaan dengan metode full costing menghasilkan perbedaan. Metode full costing menghasilkan biaya produksi Rp. 9.200/pcs dan harga jual Rp. 11.100/pcs sedangkan metode perusahaan harga pokok produksi yang dihasilkan Rp. 8.400/pcs dan harga jual Rp. 10.000/pcs. Biaya produksi dan harga jual dengan metode full costing lebih tinggi karena metode full costing dapat mengelompokkan seluruh biaya secara rinci, perbedaan terletak pada biaya overhead pabrik yang memasukkan biaya penyusutan kendaraan, mesin dan peralatan yang menggolongkan biaya bahan penolong secara rinci.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:22
    Last Modified: 04 May 2017 15:22
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21586

    Actions (login required)

    View Item