UDiNus Repository

Pengaruh Perputaran Unsur-unsur modal kerja terhadap ROA pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014

ADI, SAPUTRA WAHYU (2016) Pengaruh Perputaran Unsur-unsur modal kerja terhadap ROA pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Modal kerja adalah investasi perusahaan jangka pendek seperti kas, surat berharga, piutang dan inventori atau seluruh aktiva lancar. Mengingat pentingnya modal kerja di dalam perusahaan, manajer keuangan harus dapat merencanakan dengan baik besarnya jumlah modal kerja yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, karena jika terjadi kelebihan atau kekurangan dana hal ini akan mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan. Jika perusahaan kelebihan modal kerja akan menyebabkan banyak dana yang menganggur, sehingga dapat memperkecil profitabilitas. Sedangkan apabila kekurangan modal kerja, maka akan menghambat kegiatan operasional perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio perputarankas, rasio perputaranpiutang dan rasio perputaran persediaan terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Food and Beverage di BEI tahun 2012-2014. Jumlah sampel yang di peroleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 17 perusahaan. Jenis data yang di pergunakan adalah data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi data yang di ambil dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory). Hasil penelitian dengan menggunakan regresi berganda adalah :perputaran kas berpengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas, Perputaran piutang berpengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas. Perputaran persediaan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:23
    Last Modified: 04 May 2017 15:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21600

    Actions (login required)

    View Item