UDiNus Repository

Dampak Pemasaran Hijau pada Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Produk AMDK Ades di Semarang)

YETI, KRISTIANTI (2017) Dampak Pemasaran Hijau pada Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Produk AMDK Ades di Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Air minum merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling pokok. Sebagian besar kebutuhan air minum masyarakat selama ini dipenuhi dari sumber air sumur atau dari air permukaan yang telah diolah oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Karena semakin rendahnya kualitas air sumur, sementara PDAM belum mampu memasok air dengan jumlah dan kualitas cukup, pemakaian air minum dalam kemasan (AMDK) dewasa ini meningkat tajam. Hal ini mendorong pertumbuhan industri AMDK di kota-kota besar di Indonesia. Saat ini banyak beredar AMDK dari berbagai merek. Berdasarkan data tahun 2013-2015, market share merek Aqua selalu menempati peringkat pertama, dari 86,1% tahun 2013 menjadi 75,2% tahun 2014, namun tahun 2015 meningkat menjadi 75,9% tetapi relatif kecil. Hal ini menunjukkan bahwa pangsa pasar Aqua telah direbut sebagian oleh merek lain, seperti Club dan Ades yang mana pada tahun 2015 market sharenya cenderung meningkat dibandingkan tahun 2014. Banyak faktor dapat mempengaruhi keputusan pembelian AMDK merek Ades, seperti pemasaran hijau dan citra merek. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemasaran hijau terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai intervening. Populasi yang digunakan masyarakat Semarang yang pernah mengkonsumsi minuman Ades yang jumlahnya tidak bisa diketahui. Sampel yang diambil 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1). Pemasaran hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. 2). Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3). Pemasaran hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 4). Pemasaran hijau berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai intervening.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:25
    Last Modified: 04 May 2017 15:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21653

    Actions (login required)

    View Item