UDiNus Repository

Analisis Pengendalian Internal Atas Prosedur Persediaan Barang Dagang di Gudang Pada PT. Kridha Multi Niaga Prima Juwana

IMAM, AFRIJAL (2017) Analisis Pengendalian Internal Atas Prosedur Persediaan Barang Dagang di Gudang Pada PT. Kridha Multi Niaga Prima Juwana. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Era teknologi modern saat ini perkembangan di dunia usaha mengalami persaingan yang cukup ketat sehingga mendorong PT. Kridha Multi Niaga Prima untuk meningkatkan daya saing dengan mengelola dan meningkatkan efektivitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengendalian internal atas prosedur persediaan barang dagang di gudang pada PT. Kridha Multi Niaga Prima. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan kepala personalia dan dokumentasi yang kemudian di analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Objek penelitian ini adalah PT. Kridha Multi Niaga Prima yang merupakan perusahaan bergerak di bidang distributor minuman dalam kemasan, baby and care, makanan ringan. Perusahaan yang memiliki alamat di Jl. WR. Supratman No. 1, Juwana 59185. Dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa PT. Kridha Multi Niaga Prima sudah menerapkan pengendalian internal atas prosedur persediaan barang dagang di gudang tetapi masih ditemukan di dalam prosedur pengendalian internal yang diterapkan perusahaan didalam bagian dewan komisaris dan komite audit, perusahaan sudah menerapkan dewan komisaris akantetapi belum memiliki komite audit, serta pada pembagian wewenang dan tanggung jawab perusahaan sudah menerapkan akantetapi masih ada bagian yang belum menjalankan wewenang, tugas dan tanggung jawabnya. Perusahaan sudah menerapkan penilaian resiko tetapi karyawan tidak menerapkannya dengan semestinya yang mengakibatkan kurang efektifnya pengendalian yang diterapkan. Aktivitas pengendalian dalam segi prosedur otorisasi yang memadai dan Pengendalian fisik atas kekayaan dan catatan, perusahaan sudah menerapkan pengendalian akan tetapi masih ada karyawan yang tidak menjalankan atau lalai terhadap tanggung jawabnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:25
    Last Modified: 04 May 2017 15:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21664

    Actions (login required)

    View Item