MELATI, PERTIWI BUNGA (2017) Pengaruh Selebriti Endorser, Citra Merek, Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Pembalut Softex di Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
PT Softex Indonesia telah meluncurkan produk yang menjadi viral di kalangan perempuan muda dan wanita dewasa pada tahun 1980. Produk yang diluncurkan yaitu Softex, produk ini menjadi market leader tetapi di data top brand indeks 3 tahun terakhir ini mengalami penurunan penjualan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser, brand image, brand trust terhadap keputusan pembelian pembalut Softex di Semarang. Penelitian perusahaan industri kewanitaan dari PT Softex Indonesia ini memilih kota Semarang sebagai populasi pada penelitian dengan penyebaran kuesioner, serta teknik sample (non acak) dengan metode purposive sampling. Sampel dari 100 responden wanita yang pernah membeli & menggunakan dan pernah melihat iklan Dian Pelangi serta Stella JKT 48. Analisis menggunakan linear berganda, hipotesis membuktikan hasil data pada uji F / uji simultan dan hasil data pada uji t / uji parsial menunjukkan celebrity endorser (X1), brand image (X2),brand trust (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pembalut Softex di Semarang. Kemampuan semua variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat 84.8%, sedangkan sisa dari variabel-variabel lain di luar penelitian sebesar 15,2%. Dalam penelitian ini variabel brand trust merupakan faktor terbesar terhadap keputusan pembelian. Brand image menjadi variabel kedua yang mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian celebrity endorser menjadi variabel ketiga yang mempengaruhi keputusan pembelian pembalut Softex di Semarang.
Actions (login required)