JEFFREY, ASSAJI PRAWIRA (2017) Pengaruh Skeptisisme Profesional, Etika, Pengalaman dan Keahlian Audit terhadap Ketepatan Pemberian Opini oleh Auditor. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
| PDF Download (4009b) | Preview |
Abstract
Auditor dalam melaksanakan tugasnya akan memberikan opini audit berdasarkan pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan. Opini audit harus diberikan secara tepat berdasarkan bukti audit untuk menentukan kewajaran suatu laporan keuangan. Dalam memberikan opini audit, auditor diharapkan memilikki kompetensi yang cukup seperti: memilikki sifat skeptisisme profesional, memahami dan mematuhi etika, memilikki pengalaman tugas yang cukup, dan keahlian audit yang memenuhi standar. Kompetensi ini menentukan ketepatan auditor dalam memberikan opini audit.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh skeptisime profesional auditor, etika, pengalaman, dan keahlian audit terhadap ketepatan pemberian opini audit. Untuk itu dilakukan penelitian pada Kantor Akuntan Publik kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, yang disebarkan kepada sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis uji t untuk melihat pengaruh secara parsial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa skeptisisme profesional auditor, etika, dan pengalaman berpengaruh positif terhadap ketepatan pemberian opini audit. Namun, variabel keahlian audit tidak berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini audit.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi Ilmu Sosial > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:27 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:27 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21712 |
Actions (login required)
View Item |