UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman, Kesadaran, Persepsi Tentang Pengaturan Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Orang Pribadi Sebagai Pegawai Swasta

TRY, WULANSARI (2017) Analisis Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman, Kesadaran, Persepsi Tentang Pengaturan Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Orang Pribadi Sebagai Pegawai Swasta. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3780b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan pemahaman, kesadaran membayar pajak, persepsi yang baik atas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi sebagai pegawai swasta di KPP Pratama Semarang Barat. Variabel penelitian ini yaitu variabel independen yang meliputi pengetahuan dan pemahaman, kesadaran membayar pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, variabel dependen meliputi kemauan membayar pajak. Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode survey. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Metode ini memilih sampel dari mengambil sampel secara kebetulan bertemu dengan peneliti yang dianggap cocok dengan karakteristik sampel yang ditentukan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden wajib pajak orang pribadi sebagai pegawai swasta yang terdaftar di KPP Pratama Semarang Barat. Hasil dari penelitian ini yaitu pengetahuan dan pemahaman tentang pengaturan perpajakan dan kesadaran tidak berpengaruh sedangkan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak dan secara simultan pengetahuan dan pemahaman, kesadaran membayar pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:27
    Last Modified: 04 May 2017 15:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21721

    Actions (login required)

    View Item