UDiNus Repository

Penentuan Harga Pokok Produksi Usaha Pembuatan Roti Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada UKM Roti Sumber Rejeki i Gunung Pati, Semarang)

NUR, KUMALASARI AINI (2017) Penentuan Harga Pokok Produksi Usaha Pembuatan Roti Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada UKM Roti Sumber Rejeki i Gunung Pati, Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4074b) | Preview

    Abstract

    Penentuan harga pokok produksi sangat berpengaruh, sebab dengan perhitungan yang lebih terperinci maka wirausahawan dapat menentukan harga jual yang sesuai dan mendapatkan laba secara maksimal. Dalam penentuan harga pokok produksinya sendiri UKM Roti Sumber Rejeki belum memisahkan antara biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik dengan biaya rumah tangga. Penelitian ini dilakukan guna menetapkan penentuan harga pokok produksi yang ada di UKM Roti Sumber Rejeki menggunakan metode full costing. Metode full costing sendiri mencangkup kalkulasi dari semua sumber daya yang dipakai pemilik usaha sehingga hasil kalkulasi yang didapat lebih akurat dan tepat. Perhitungan full costing menggambarkan dana yang sebenarnya dikorbankan pemilik usaha saat proses produksi. Perolehan dari observasi membuktikan bahwa kalkulasi harga pokok produksi atas perusahaan yaitu Rp. 16.177.800, berdasarkan kalkulasi harga pokok produksi menggunakan metode full costing yakni Rp. 17.254.850. Dari hasil analisis diperoleh perbedaan hasil kalkulasi harga pokok produksi antara kalkulasi konvensional perusahaan dan metode full costing yang disebabkan oleh perusahaan yang tidak mengenali biaya secara spesifikasi, sehingga faktor-faktor yang lainnya tidak bisa diketahui, dengan demikian harga pokok produksi yang dihitung oleh perusahaan memakai rata-rata menyebabkan harga pokok produksi terlampau rendah.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:29
    Last Modified: 04 May 2017 15:29
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21764

    Actions (login required)

    View Item