UDiNus Repository

SISTEM REKOMENDASI PENGGUNAAN NADA PADA GENDHING LANCARAN LARAS SLENDRO PATHET MANYURA MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH

ADHIONO, PRASETYO WAHYU (2016) SISTEM REKOMENDASI PENGGUNAAN NADA PADA GENDHING LANCARAN LARAS SLENDRO PATHET MANYURA MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Karawitan merupakan seni budaya yang sudah turun menurun dan sudah disebutkan secara teoritis bahwa jauh sebelum pengaruh budaya India, bangsa Jawa sudah memiliki ketrampilan dan pengetahuan seperti: Wayang, Gamelan, ilmu irama sanjak dan masih banyak lagi. Karawitan itu sendiri berasal dari kata rawit atau ngerawit yang berarti sebuah karya seni yang memiliki sifat halus, rumit dan indah. Dalam gending terdapat makna yang dapat digunakan untuk memberi nama lagu lagu yang disajikan, sehingga gending ini merujuk terhadap sebuah lagu yang diciptakan melalui gamelan. Gending ini sendiri kurang menarik ketika tidak dipadukan dengan penyanyi gending itu sendiri atau banyak orang yang mengenalnya dengan Sinden. Ada 4 macam pembawaan gending, sebagai contoh adalah sebagai pengiring pada pagelaran seni wayang, sebagai pengiring dalam pementasan, sebagai pengiring pada acara ritual jawa, dan sebagai hiburan lepas atau karawitan. Pada zaman sekarang, masyarakat sering mendengarkan gendhing namun tidak paham akan nada yang terkait didalamnya sehingga terkadang masyarakat hanya sekedar mendengarkan. Dengan adanya aplikasi perekomendasian nada, diharapkan masyarakat dapat mempelajari gendhing lancaran slendro pathet manyura melalui teknologi. Di dalam aplikasi ini terdapat algoritma Frequent-Pattern Growth untuk menghitung banyaknya nada yang sering muncul (frekuen). Algoritma ini menggunakan tree sebagai pencarian frekuensi nada nya Lalu menghitung jumlah support tiap nada dan merekomendasikan nada dengan pasangan yang terbaik sesuai dengan supportnya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:31
    Last Modified: 04 May 2017 15:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21781

    Actions (login required)

    View Item