UDiNus Repository

IMPLEMENTASI METODE KLASIFIKASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KELANCARAN ANGSURAN KREDIT PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT SLAWI 1

APRIAN, MULYANA TRI (2016) IMPLEMENTASI METODE KLASIFIKASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KELANCARAN ANGSURAN KREDIT PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT SLAWI 1. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3955b) | Preview

    Abstract

    Di era yang modern ini masyarakat berlomba lomba untuk bersaing dalam memproduksi barang atau jasa yang berkualitas, dengan demikian modal yang digunakan semakin besar. Kebanyakan masyarakat sangat kesulitan dalam mendapatkan uang untuk modal usaha. Bank Rakyat Indonesia atau biasa disebut BRI merupakan tempat untuk menyimpan uang dan melayani peminjaman uang atau kredit. Peminjaman uang atau kredit dari nasabah memiliki suatu permasalahan yang cukup merepotkan Pihak BRI yaitu nasabah telat dalam pembayaran angsuran yang ditetapkan setiap bulan yang kadang kala seharusnya bulan ini harus membayar namun ditunda bulan depan dan sekaligus digabungkan hutang bulan depan tersebut. C4.5 merupakan algoritma dari metode klasifikasi yang digunakan pada data mining sebagai pembuatan pohon keputusan untuk memprediksi agar lebih cepat dalam pengambilan keputusan. Klasifikasi merupakan metode data mining yang digunakan untuk mengelompokkan data. Untuk itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan algoritma C4.5 untuk memprediksi angsuran kredit sehingga hasil dari penelitian ini dapat memprediksi bagi nasabah baru yang akan melakukan peminjaman apakah nasabah baru tersebut melakukan angsuran pembayaran dengan lancar atau tidak.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:32
    Last Modified: 04 May 2017 15:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21790

    Actions (login required)

    View Item