UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PENJURUSAN SISWA PADA SMA NEGERI 2 PEMALANG

PRIO, PRAMUJIO (2016) IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PENJURUSAN SISWA PADA SMA NEGERI 2 PEMALANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4094b) | Preview
    [img] Image (JPEG)
    Download (0b)
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (713Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (17Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (1542Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (254Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (258Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (528Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (246Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (22Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (675Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (163Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (1542Kb) | Preview
                            [img]
                            Preview
                            PDF
                            Download (77Kb) | Preview

                              Abstract

                              Penjurusan siswa merupakan suatu prosedur atau proses pengambilan keputusan yang berdasarkan pada minat, pemahaman potensi diri, serta peluang yang tersedia. Penentuan jurusan siswa pada kurikulum 2013 dilakukan pada awal masuk sekolah, yaitu pada kelas X Sekolah Menengah Atas. Implementasi kurikulum 2013 ini ditujukan guna menunjang penyesuaian program pendidikan dengan ciri khas potensi yang terdapat di daerah siswa [2]. Akibat dari penerapan kurikulum 2013 salah satunya adalah pihak sekolah terutama guru BK belum mengetahui bakat, minat, dan karakter siswa dalam mata pelajaran tertentu. Berdasarkan permasalahan tersebut maka akan dilakukan penerapan data mining menggunakan algoritma C4.5 untuk klasifikasi penjurusan siswa pada SMA Negeri 2 Pemalang. Algoritma C4.5 merupakan salah satu algoritma klasifikasi pohon keputusan yang sering digunakan karena memiliki beberapa kelebihan dibanding algoritma lainnya. Salah satu kelebihan algoritma C4.5 yaitu dapat menghasilkan pohon keputusan yang mudah diinterprestasikan, mempunyai tingkat akurasi yang relatif tinggi sehingga dapat diterima, dapat menangani variabel bertipe diskret dan numerik, serta efisien dalam menangani variable bertipe diskret [1]. Evaluasi hasil perhitungan algoritma C4.5 dengan 382 data menghasilkan akurasi sebesar 86,1257%.

                              Item Type: Article
                              Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                              Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                              Depositing User: Psi Udinus
                              Date Deposited: 04 May 2017 15:37
                              Last Modified: 04 May 2017 15:37
                              URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21888

                              Actions (login required)

                              View Item