ADE, FAIZAL (2016) GAME EDUKASI PENGENALAN TRANSAKSI BELANJA DAN PENGENALAN NILAI MATA UANG UNTUK SDLB-C WIDYA BHAKTI SEMARANG DENGAN METODE FSM. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4045b) | Preview |
Abstract
Pembelajaran tentang transaksi dan pengenalan nilai mata uang mempunyai peran penting dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Kurang sederhana dalam pembelajaraan transaksi belanja dan pengenalan nilai mata uang di SDLB-C Widya Bakti Semarang membuat guru dan siswa terkadang terkendala dengan sarana dan alat peraga. Hal ini dikarenakan cara mereka memberi pelajaran dan informasi belum tersentuh oleh metode yang benar-benar dapat membantu mereka. Para guru kesulitan untuk memberikan dan mencontohkan konsep-konsep akademis karena metode mengajar yang selama ini digunakan oleh guru hanya terbatas pada metode ceramah dan peraga. Salah satu metode yang dapat lebih membantu dalam pembelajaran adalah melalui media game. Sistem agen cerdas juga dibutuhkan untuk menambah pengalaman bermain game dengan tantangan-tantangan, sehingga materi yang diberikan dapat lebih dipahami dan menambah minat siswa dalam proses belajar. Model kecerdasan buatan yang digunakan adalah Finite State Machine (FSM) untuk merancang perilaku agen cerdas karakter utama dan karakter tambahan dalam game.Hasil penelitian ini adalah kecerdasan buatan pada perilaku karakter utama dan karakter tambahan dalam game edukasi pengenalan transaksi belanja dan pengenalan mata uang dengan metode Finite State Machine (FSM) untuk membantu pembelajaran siswa SDLB-C Widya Bahkti Semarang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:38 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:38 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21903 |
Actions (login required)
View Item |