UDiNus Repository

PENGKLASIFIKASIAN STATUS GIZI MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFICATION PADA REMAJA DI KLINIK AZZAHRA

VERANIKA, YULIANA (2016) PENGKLASIFIKASIAN STATUS GIZI MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFICATION PADA REMAJA DI KLINIK AZZAHRA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4054b) | Preview

    Abstract

    Dalam perhitungan status gizi pada umumnya menggunakan IMT ( Indek Massa Tubuh ) tetapi ada kelemahannya .Jika ada dua orang yang memiliki tinggi badan dan berat badan yang sama kemungkinan memiliki status gizi yang berbeda. Apabila hal tersebut terjadi maka penggunaan perhitungan IMT untuk mengukur status gizi jadi relevan. Maka dari itu penghitungan antropometri sangat berperan penting untuk menentukan status gizi pada remaja. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem untuk membantu pegawai di klinik Azzahra untuk menentukan klasifikasi status gizi pada remaja menggunakan metode Naïve Bayess Classification. Naïve Bayes Classification merupakan metode data mining yang dapat memberikan penentuan klasifikasi status gizi pada remaja dan dapat menguji konsistensinya. Metode Naive Bayes Classification merupakan metode yang memanfaatkan nilai probabilitas dari data dokumen contoh sebelumnya. Variabel-variabel yang digunakan dalam menentukan pengklasifikasi status gizi pada remaja di klinik Azzahra adalah Berat Badan, Tinggi Badan, Jenis Kelamin, Umur, Lingkar Perut, Lingkar Pergelangan Tangan. Dan dikelompokan menjadi 5 yaitu Kurus Tingkat Ringan, Kurus Tingkat Berat, Normal, Obesitas Tingkat Ringan, Obesitas Tingkat Berat. Dari hasil penghitungan status gizi pada remaja yang menggunakan data 500 dan data uji 50 sample dan memiliki nilai akurasi 90,91%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:38
    Last Modified: 04 May 2017 15:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21905

    Actions (login required)

    View Item