UDiNus Repository

PENERAPAN FORMULA SPHERICAL LAW OF COSINES PADA APLIKASI PENCARIAN LOKASI TAMBAL BAN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICES BERBASIS ANDROID

AGUS, ANDRIANTO (2016) PENERAPAN FORMULA SPHERICAL LAW OF COSINES PADA APLIKASI PENCARIAN LOKASI TAMBAL BAN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICES BERBASIS ANDROID. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tahun (2014 - 2015) di Jawa Tengah pengguna sepeda motor sebesar 1.925.018 unit dan roda empat sebesar 171.105 unit. Semarang salah satu daerah di antara kota/kabupaten lain di Jawa Tengah yang pertumbuhan kendaraan bermotor tertinggi karena pertumbuhan kendaraan bermotor rata-rata 8.000 unit per bulan. Ban adalah sebuah suku cadang kendaraan bermotor (roda 2 atau roda 4) yang mempunyai fungsi khusus dan penting, dalam peranannya menentukan keselamatan saat berkendara. Masalah yang sering terjadi oleh pengguna kendaraan bermotor adalah kebocoran ban yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, serta diperlukan service tambal ban untuk memperbaiki ban kendaraan yang bocor. Perkembangan smartphone di indonesia dari tahun ke tahun meningkat pesat, masyarakat memilih smartphone karena memiliki fungsi yang berbeda dari device lain serta memudahkan penggunanya untuk mencari informasi secara online. Perkembangan pesat dalam pengembangan aplikasi android diharapkan dapat membantu pengguna kendaraan bermotor mencari lokasi tambal ban saat mengalami kebocoran ban. Penulis mengembangkan sebuah aplikasi yang menerapkan formula spherical law of cosines sebagai perhitungan jarak dari posisi pengendara menuju lokasi tambal ban. Berdasarkan presentase kepuasan kinerja dan manfaat yaitu 90,7%, aplikasi ini dapat digunakan untuk pencarian lokasi tambal ban di kota semarang saat pengendara mengalami kebocoran ban.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:41
    Last Modified: 04 May 2017 15:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21948

    Actions (login required)

    View Item