UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK KLASIFIKASI BIDANG MINAT MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

AMINNUDIN, (2016) PENERAPAN ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK KLASIFIKASI BIDANG MINAT MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4085b) | Preview

    Abstract

    Universitas Dian Nuswantoro Semarang merupakan perguruan tinggi swasta di semarang yang memiliki beberapa fakultas. Salah satu fakultas terbesar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang adalah fakultas ilmu komputer. Pada fakultas ilmu komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang terdapat program studi Teknik Informatika S1. Pada program studi teknik informatika terbagi dua bidang minat yaitu sistem cerdas dan rekayasa perangkat lunak design. Pada pemilihan bidang minat mahasiswa bingung menentukan bidang minat mereka. Dalam menangani hal ini, perlu adanya system pendukung atau system keputusan yang dapat merekomendasikan mahasiswa untuk memilih bidang minat mereka. Pada pembuatan sistem rekomendasi, diperlukan metode atau algoritma yang tepat berdasarkan kriteria data yang akan digunakan sebagai variabel. Metode atau algoritma yang akan dipakai pada penelitian ini adalah algoritma C4.5 dari cabang ilmu data mining. Metode ini merupakan salah satu metode klasifikasi yang membentuk pohon keputusan dan akan memberi keputusan berdasarkan atribut data yang dipilih. Hasil dari kelasifikasi pemilihan bidang minat menggunakan dengan atribut nilai basisdata, nilai rekayasa perangkat lunak, nilai logika infromatika, nilai matematika diskrit, nilai pemograman berorientasi objek, nilai algotima dan pemograman berdasarkan iterasi ke 10 pada cross validation sebesar 91,39 %.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:41
    Last Modified: 04 May 2017 15:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21949

    Actions (login required)

    View Item