RIMA, PRAWASTI (2017) ANALISA SENTIMEN GAME TETRIS MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER BERBASIS ANDROID. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4057b) | Preview |
Abstract
Di era digital saat ini bermain game di smartphone sudah menjadi kebiasaan mulai kalangan anak, remaja, sampai dewasa untuk sekedar mengisi waktu luang atau menjadi kegemaran. Dalam mengunduh aplikasi game dibutuhkan pengetahuan tentang kepopuleran, cara bermain, tampilan, maupun komentar dari pengguna lain. Penelitian ini akan mengklasifikasikan komentar dari sebuah game yang sederhana dan melegenda yaitu game tetris yang terbukti mampu bertahan dari masa ke masa dan selalu dicari oleh penggemarnya. Banyaknya komentar acak dari game tetris yang belum terklasifikasi mempunyai informasi penting dalam memilih game. Oleh karena itu, perlu adanya analisa sentimen pada game tetris dengan mengambil beberapa dataset komentar salah satu hasil karya Electronic Arts melalui Google Play Store. Analisa sentimen akan membantu dalam pengambilan informasi penting yang dibutuhkan pengguna. Kemudian akan diklasifikasikan menjadi komentar positif atau negatif menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Android dengan menggunakan bahasa pemrograman HMTL, CSS dan Javascript. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna dalam mengambil keputusan untuk mengunduh game dengan melihat ulasan komentar dari pengguna lain yang dilengkapi dengan jumlah keseluruhan dari masing-masing komentar yang telah terklasifikasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:49 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:49 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22084 |
Actions (login required)
View Item |