NENI, SETIAWATI (2017) PERANCANGAN MEDIA UNTUK MENARIK MINAT BELAJAR ANAK DI DALAM MUSEUM RANGGAWARSITA MELALUI GAME. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Museum Ranggawarsita merupakan museum terlengkap di Semarang yang memiliki pengunjung paling banyak adalah anak-anak sekolah yang sering melakukan kunjungan diempat tertentu. Namun sangat disayangkan jika potensi yang ada di Museum belum dapat dimanfaatkan dengan baik kepada anak-anak. Kebanyakan dari anak-anak tersebut juga kurang mengerti dan memahami apa yang dilihatnya selama kunjungan berlangsung. Oleh sebab itu, demi menciptakan generasi yang dapat memanfaatkan museum dengan baik dimasa mendatang perlu diadakan sebuah media yang digunakan untuk media pembelajaran dan pemahaman kepada anak-anak agar mengerti berbagai macam koleksi yang telah ditampilan di Museum Ranggawarsita. Data diperoleh melalui metode wawancara dan observasi secara langsung kepada pengurus Museum Ranggawarsita serta target audience untuk mengetahui permasalahan mengenai keefektifan mengunjungi Museum Ranggawarsita. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Metode Analisis Framing kemudian dijadikan pertimbangan dalam pembuatan konten game. Konten dalam game dikemas dalam bentuk puzzle game dan sub genre hidden object game agar mudah dimainkan oleh target audience. Edukasi mengenai berbagai benda koleksi museum untuk usia 6-12 tahun yang dapat dilakukan dengan game “Kenang at The Museum” dengan cara yang lebih menyenangkan. Dengan menggunakan game berbasis platform PC yang diletakkan di Museum Ranggawarsita, anak-anak dapat mengerti dan ikut memahami apa yang dilihat mereka selama kunjungan berlangsung.
Actions (login required)