TRIAWANDA, ADITYA TIRTA (2017) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA POLA TIDUR SEHAT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat kota Semarang khususnya anak muda yang terbiasa tidur hingga larut malam, hal tersebut menyebabkan buruknya pola tidur yang mereka miliki dan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik maupun psikis. Permasalahan ini bisa di antisipasi dengan cara menghimbau masyarakat khususnya anak muda dengan pendekatan-pendekatan tertentu. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis tersebut untuk memberikan informasi dan himbauan bersfifat satir dan persuasive melalui perancangan Iklan Layanan Masyarakat mengenai pola tidur yang sehat, hal itu diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya anak muda agar lebih peduli terhadap pola tidur yang mereka miliki. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang datanya didapatkan dari metode wawancara, observasi, kepustakaan, dan hasil analisis yang menggunakan metode 5W+1H. Hasil Analisa tersebut dipakai untuk merancang sebuah konsep yang nantinya akan diaplikasikan pada sosialisasi Iklan Layanan Masyarakat tersebut. Media utama yang akan digunakan berupa iklan ambient media, iklan ini dipilih Karena masih sangat jarang digunakan di Indonesia khususnya di kota Semarang. Selaini tu iklan ambient media ini dapat sosialisasikan Iklan Layanan Masyarakat dengan cara yang lebih kreatif dibandingkan dengan media yang lain untuk memperkuat penyampaian pesan, penulis juga menggunakan media pendukung yang yang sering ditemui dan biasa digunakan oleh anak muda yaitu berupa poster, bantal tidur, jam dinding, brosur, dan roll banner.Dengan didukung oleh penentuan media yang tepat dan ditambah dengan strategi penyebaran media yang baik maka anak muda di kota Semarang dapat lebih peduli terhadap pola tidur yang mereka miliki.
Actions (login required)