NANANG, ALFATICH ARSYAD (2017) Procedural Content Generation Berbasis Algoritma Genetika Untuk Lingkungan Adaptif Pada Game Berjenis Role Playing Game. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3929b) | Preview |
Abstract
Lingkungan game pada Role Playing Game (RPG) bisa dibilang sebagai salah satu faktor penting dalam menunjang immersivitas game dan realisme plot. Pada intinya tiap bagian pada lingkungan game akan mencerminkan imajinasi dan kreativitas developer yang berguna untuk memperkuat plot baik statis maupun dinamis. Integritas plot dan lingkungan game yang mana saling mendukung satu sama lain membuat proses realisasi lingkungan game semakin kompleks berdasarkan elaborasi dan kemegahan plot. Meskipun demikian, sebagai salah satu alternatif untuk meringankan proses realisasi lingkungan game, mekanisme semi-auto dari Procedural Content Generation (PCG) dapat dipergunakan. PCG membutuhkan algorima lain sebagai dasaran dan mekanisme pemroses, yang mana pada penelitian ini akan menggunakan Genetic Algoritma (GA) sebagai dasaran bagi PCG. Karakteristik GA yang cenderung memberikan nilai optimal dan semi acak, membuat GA sesuai untuk menghasilkan lingkungan game yang seakan-akan alami dan terikat dengan plot. Pada akhir dari penelitian ini akan dihasilkan mekanisme yang dapat digunakan untuk menghasilkan lingkungan game RPG berdasarkan poin-poin tertentu dalam plot.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:59 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:59 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22227 |
Actions (login required)
View Item |