UDiNus Repository

PENERAPAN METODE AHP-TOPSIS DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI ( STUDI KASUS KOPERASI JAYA SAKTI UTAMA)

FARID, BUDIMAN ANDIKA (2017) PENERAPAN METODE AHP-TOPSIS DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI ( STUDI KASUS KOPERASI JAYA SAKTI UTAMA). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam memberikan pinjaman ada resiko yang dihadapi oleh koperasi, yaitu terlambatnya pembayaran pengembalian bahkan kegagalan pembayaran pinjaman. Masalah seperti ini terjadi karena kurang akuratnya pihak koperasi pemberi kredit dalam penilaian terhadap kemampuan anggota , sehingga mengakibatkan kesalahan dalam keputusan pemberian pinjaman yang berujung pada kemacetan pengembalian pinjaman. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, pihak koperasi dalam memberikan pinjaman perlu memprediksi kelayakan pengajuan kredit terlebih dahulu supaya.a resiko yang timbul dari pemberian pinjaman kepada calon debitur tidak terlalu besar. Dalam hal ini penggunaan (SPK) Sistem Pendukung Keputusan sangatlah dibutuhkan dalam keputusan pemberian pinjaman . Karena dirasa terlalu beresiko untuk sebuah pinjaman diberikan oleh koperasi, sehingga dalam pelaksanaanya harus memperhatikan. prinsip kehati-hatian dan asas-asas pemberian pinjaman yang sehat, Supaya dikemudian hari tidak menimbulkan masalah yang menyulitkan pihak anggota koperasi maupun merugikan pihak koperasi akibat pengembalian pinjaman yang kurang lancar. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk pemberian kredit dengan menggunakan Metode Analytic Hierarchy Proses (AHP) dan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) . Hal ini memungkinkan sistem dapat memberikan sesuai dengan data masing – masing debitur dan diharapkan dapat mempermudah pengambil keputusan dalam pemberian pinjaman. Hasil dari penelitian ini berbentuk sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat mengolah data menjadi sebuah pertimbangan yang dapat digunakan dalam proses pemberian pinjaman

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:01
    Last Modified: 04 May 2017 16:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22272

    Actions (login required)

    View Item