UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENYEDIA BARANG/JASA KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. PERENTJANA DJAJA SALATIGA

NUANSANI, IMANSYAH (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENYEDIA BARANG/JASA KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. PERENTJANA DJAJA SALATIGA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Perentjana Djaja Salatiga merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam perencanaan atau konsultan dibidang konstruksi. Dalam pelaksanaan pelelangan penyedia barang dan jasa, PT. Perentjana Djaja Salatiga masih menggunakan pencatatan manual di dalam buku, dari pencatatan data peserta lelang sampai penyusunan laporan pemenang lelang. Hal tersebut tentu dapat berakibat pada rusak maupun hilangnya data lelang. Ketetapan standar prioritas kualifikasi dalam pemilihan pemenang yang belum ditentukan membuat perusahaan memerlukan waktu yang lama dalam menentukan pemenang lelang, yang berakibat mundurnya jadwal mulai proyek yang dilelangkan. Dikarenakan seringnya mengalami kesalahan penilaian pemenang lelang, PT. Perentjana Djaja mendapatkan hasil proyek yang tidak sesuai dengan yang dikehendaki oleh klien. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu PT. Perentjana Djaja dalam pemilihan pemenang lelang. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penyedia Barang atau Jasa Konstruksi yang akan dikembangkan nanti menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). pengembangan sistem yang digunakan untuk pengembangan sistem menggunakan metode prototyping meliputi identifikasi kebutuhan pemakai, desain sistem, pengkodean sistem, pengujian, dan implementasi sistem. Desain yang digunakan adalah menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan berbasis website yang nantinya diharapkan dapat membantu pihak perusahaan dalam menentukan pemenang tender sesuai kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 16:02
    Last Modified: 04 May 2017 16:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22290

    Actions (login required)

    View Item