UDiNus Repository

ANALISIS KEANDALAN DENGAN PENDEKATAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE SERTA PENENTUAN PERSEDIAAN SUKU CADANG YANG OPTIMAL PADA SYSTEM HYDRAULIC PC 4000-6 DI PT UNITED TRACTORS, Tbk SITE ADARO TANJUNG

UMI, SAFITRI (2017) ANALISIS KEANDALAN DENGAN PENDEKATAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE SERTA PENENTUAN PERSEDIAAN SUKU CADANG YANG OPTIMAL PADA SYSTEM HYDRAULIC PC 4000-6 DI PT UNITED TRACTORS, Tbk SITE ADARO TANJUNG. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4071b) | Preview

    Abstract

    United Tractors adalah distributor peralatan berat terbesar dan terkemuka di Indonesia. United Tractors berkomitmen untuk menjadi perusahaan kelas dunia berbasis solusi di bidang alat berat, pertambangan dan energi guna memberi manfaat bagi para pemangku kepentingan. Salah satu unit yang di back up kerusakannya oleh United Tractors adalah PC4000-6. Analisis RCM (Reliability Centered Maintenance) digunakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua aset fisik memenuhi fungsi atau fungsi spesifik untuk kepuasan user. Analisis pada kerusakan digunakan untuk menentukan komponen kritis. Dari FMEA (Failure Modes Effect Analysis) diketahui bahwa penyebab kegagalan fungsi ada pada system hydraulic actuator. Sedangkan komponen kritis yang mempengaruhi hal tersebut yaitu o-ring. Untuk menentukan interval penggantian optimal dari o-ring sehingga dapat meminimalisir downtime diperlukan waktu penggantian setiap 29 hari. Jumlah biaya perawatan usulan dapat menghemat 53% dari biaya perbaikan kerusakan komponen atau sebesar Rp 22.358.537,-.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:47
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22399

    Actions (login required)

    View Item