UDiNus Repository

ELIMINASI PEMBOROSAN PADA PROSES PRODUKSI GULA KRISTAL PUTIH (GKP) DI PT. GENDHIS MULTI MANIS MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING (VSM)

WAHYU, PUTRA PERMANA (2017) ELIMINASI PEMBOROSAN PADA PROSES PRODUKSI GULA KRISTAL PUTIH (GKP) DI PT. GENDHIS MULTI MANIS MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING (VSM). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT Gendhis Multi Manis mempunyai visi ingin menjadi perusahaan gula nasional terbaik yang mampu menjadi model percontohan dalam industri pergulaan nasional. Namun kondisi aktualnya waktu produksi Gula Kristal Putih adalah 2,79 hari, lebih lama dari standar perusahaan yaitu 2 hari. Tujuan dari penelitian dengan menggunakan tools value stream mapping adalah mengetahui value added dan non-value added dan jenis-jenis pemborosan pada sepanjang current state map kemudian dilakukan perumusan alternatif perbaikan dan hasil perbaikan tersebut dipetakan kedalam future state map. Dari hasil analisa current state map, terdapat pemborosan tipe one waste berupa pendampingan pekerja, dan tipe two waste berupa waktu menunggu bahan dari evaporator, kelebihan 1 orang tenaga kerja pemasangan pengaman tipper, gerakan tidak perlu operator tipper, kelebihan inventori sisa pagi 50-70%, pengulangan aktifitas material handling, dan defect colour GKP lebih dari 300 dan bag gula pecah. Alternatif perbaikan subtitusi bahan menjadi 60% CaO dan 40% MgO, pengurangan 1 tenaga kerja di bagian tipper, penambahan alat gerobak sorong. Ada reduksi total waktu setelah perbaikan pada future state map yaitu dari 240858,72 menjadi 236830,81 detik atau 65,78 jam atau kurang lebih 2,74 hari.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22416

    Actions (login required)

    View Item