DWIKA, MAHANANI OKVIANO (2017) STRATEGI PEMASARAN PENJUALAN PRODUK PAKAIAN BATIK PADA NGESTI PANDOWO MENGGUNAKAN ANALISA SWOT DAN MATRIKS BCG. Skripsi,Fakultas Teknik.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Ngesti Pandowo merupakan home industry yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjualan kain batik maupun pakaian batik jadi yang beralamat di Kp. Batik Gedong 429 Semarang. Motif batik yang dijual pada Ngesti Pandowo sebagian besar merupakan batik motif khas “Semarangan” karena letaknya yang berada dalam area Paguyuban Balai Kampung Batik Semarang. Seiring tuntutan jaman, Ngesti Pandowo juga menjual batik-batik khas daerah lain diantaranya batik Solo, Madura, Lasem, Pati, Pekalongan dan masih banyak lagi. Banyaknya home industry lain yang bergerak di bidang penjualan batik mengakibatkan omset penjualan batik Ngesti Pandowo mengalami penurunan 10,4%. Persaingan antar penjual batik yang semakin ketat menuntut manajemen Ngesti Pandowo untuk dapat mengantisipasi timbulnya ancaman-ancaman dari pesaing serta mampu memanfaatkan peluang dan kekuatan yang dimiliki perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Ngesti Pandowo perlu memperhatikan dua faktor pokok dalam perusahaan yaitu faktor eksternal maupun faktor internal. Faktor eksternal merupakan faktor yang tidak dipengaruhi oleh kebijakan perusahaan, sedangkan faktor internal dapat dipengaruhi oleh kebijakan perusahaan untuk mengoptimalkan volume penjualan yang sepenuhnya berada pada kendali perusahaan. Untuk menganalisis faktor eksternal dan internal tersebut dapat digunakan analisis SWOT yang tujuannya untuk mengetahui posisi Ngesti Pandowo dalam pasar berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki perusahaan. Sedangkan dalam menganalisis peluang bisnis dan sejauh mana produk yang dihasilkan oleh Ngesti Pandowo mampu bersaing di pasaran, maka akan dianalisis menggunakan matrik BCG yang berfungsi untuk melihat posisi pemasaran yang dilakukan Ngesti Pandowo berdasarkan pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Dalam rangka menciptakan ruang bersaing maka perusahaan perlu melakukan perencanaan-perencanaan dalam strategi pemasaran, sehingga penjualan produk bisa lebih meningkat di pasaran dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri T Technology > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:49 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 15:49 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22439 |
Actions (login required)
View Item |