UDiNus Repository

GAMBARAN PELAKSANAAN SOP PEMILAHAN REKAM MEDIS NON AKTIF GUNA MENDUKUNG KARS STANDAR MKI 18 DI RS BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2017

DWI, FINDIARI NURMADIKA (2017) GAMBARAN PELAKSANAAN SOP PEMILAHAN REKAM MEDIS NON AKTIF GUNA MENDUKUNG KARS STANDAR MKI 18 DI RS BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Gambaran Pelaksanaan SOP Pemilahan Rekam Medis NonAktif Guna Mendukung KARS Standar MKI 18 di RS Bhakti Wira Tamtama Semarang Tahun 2017 xix+ 60 halaman + 10 tabel + 4 gambar + 5 lampiran Standar operasional prosedur adalah standar yang ditetapkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan, berupa langkah yang benar untuk melakukan kegiatan secara terstruktur dalam pelayanan kesehatan. Pada SOP Pemilahan Rekam Medis Non Aktif terdapat prosedur yang belum sesuai dan pengoperasiannya belum optimal sehingga dapat mempengaruhi tercapainya nilai standar MKI 18. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanan SOP Pemilahan Rekam Medis Non Aktif guna mendukung standar MKI 18 pada bagian filing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode wawancara yaitu dilakukan langsung kepada kepala rekam medis, kepala filing dan petugas filing dengan 30 DRM sedangkan metode observasi dengan mengobservasi SOP serta pelaksanaannya. Penelitian pelaksanaan SOP Pemilahan Rekam Medis Non Aktif terhadap petugas 3 petugas filing yang masing-masing 10 DRM . . Pada prosedur ke-1 yang sesuai 17 DRM dan tidak sesuai 13 DRM. Prosedur ke-2 yaitu 30 DRM sudah sesuai semua. Prosedur ke-3 yaitu 30 DRM tidak sesuai dengan SOP. Prosedur ke-4 yaitu 30 DRM tidak sesuai dengan SOP. Prosedur ke-5 yaitu 30 DRM sudah sesuai semua Dan prosedur yang terakhir ke-6 yaitu 30 DRM sudah sesuai semua. Saran yang diberikan perlunya evaluasi terhadap SOP dan pelaksanaan pemilahan rekam medis non aktif guna mendukung KARS standar MKI 18 dalam mempersiapkan akreditasi selanjutnya. Kata kunci : Standar Operasional Prosedur, DRM Non Aktif, Akreditasi Kepustakaan : 20 (2005-2013)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:55
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:55
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22461

    Actions (login required)

    View Item