MEGA, MAWARTI (2017) Alur Pengajuan Klaim Pasien Peserta Jasaraharja di RS Bhayangkara Semarang Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4061b) | Preview |
Abstract
Berdasarkan survey awal menunjukkan belum terdapat SOP dan kebijakan terkait prosedur pelaksanaan klaim pasien Jasa Raharja.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik petugas, ketersediaan SOP dan kebijakan, alur pelaksanaanya, kendala yang terjadi, gambaran perlaksanan, dan rancangan prosedur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 2 petugas rekam medis. Sumber data didapatkan dari hasil observasi pada alur pengajuan klaim Jasa Raharja, dan wawancara langsung dengan kepala rekam medis dan petugas asuransi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan klaim Jasa Raharja. Proses klaim sangat lama (mencapai satu bulan), dikarenakan petugas menunggu dokumen terkumpul dari beberapa pasien. Petugas menunggu dokumen dari beberapa pasien terkumpul. Pada prosedur klaim oleh pasien, Lama waktu penyelesaian proses permintaan surat keterangan dokter tidak dapat diperkirakan. Kendala-kendala ini dapat berdampak pada pemasukan anggaran rumah sakit dan kepuasan pelayanan pasien. Saran, perlu adanya rancangan kebijakan dan SOP tentang alur pelaksanaan klaim Jasa Raharja guna menegaskan dan menetapkan waktu penyelesaian berkas pasien. Sehingga pendapatan rumah sakit dapat stabil dan pasien puas dengan pelayanan rumah sakit.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 15:56 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22471 |
Actions (login required)
View Item |