IRGIE, FARIZKA MAULANA (2017) MUTU PELAYANAN DI TPPRI BAGI PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SANTA MARIA PEMALANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAK IRGIE MAULANA FARIZKA MUTU PELAYANAN DI TPPRI BAGI PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT SANTA MARIA PEMALANG TAHUN 2017 Berdasarkan survei awal di rumah sakit santa maria Pemalang, terdapat 30% pasien (3/10) yang merasakan mutu pelayanan RS kurang baik. Faktor utama pasien yang tidak merasa mutu pelayanannya kurang baik adalah pasien kurang memahami alur prosedur pelayanan dengan BPJS dan petugas terkadang kurang lengkap dalam menjelaskan informasi dan pasien merasa tidak nyaman di TPPRI. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dilakukan untuk menilai pelayanan petugas TPPRI pada pasien BPJS, alur prosedur pendaftaran TPPRI pada pasien BPJS, sarana di TPPRI bagian pasien BPJS, kelengkapan persyaratan pendaftaran rawat inap peserta BPJS dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien rawat inap di RSU Santa Maria Pemalang menyatakan mutu pelayanan petugas TPPRI tidak baik (36%), mutu pelayanan prosedur pendaftaran TPPRI tidak baik (22%), Sarana TPPRI kurang nyaman (18%). 90% pasien membawa KTP, 100% membawa surat rujukan, 100% membawa surat pengantar rawat inap dan 84% membawa kartu BPJS. Berdasarkan penelitian petugas harus mengisin papan informasi secara lengkap dan pemilik rumah sakit harus menambahkan sarana yang ada di ruang tunggu pendaftaran. Kata Kunci: Mutu Pelayanan, TPPRI, BPJS Daftar Pustaka: 19 (tahun 1994-2017)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:02 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 16:02 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22611 |
Actions (login required)
View Item |