UDiNus Repository

Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Indeks Saham LQ 45

GIGIH, PERMANA AKBAR (2017) Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Indeks Saham LQ 45. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3989b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Return on Equity terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan perubahan paradigma masyarakat khususnya calon investor dalam menilai suatu perusahaan dimana selain melihat data kuantitatif di laporan keuangan, data kualitatif menjadi sumber pertimbangan lainnya. Pada penelitian ini hanya terdapat satu variabel dependen yaitu nilai perusahaan yang dihitung menggunakan Tobins Q dan enam variabel independen yang terdiri atas dewan komisaris, dewan komisaris independen, dewan direksi, komite audit, corporate social responsibility dan return on equity. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) yang masuk dalam indeks saham LQ45 selama tahun 2013-2015 secara berturut-turut. Dari sampling di atas ditemukan 28 perusahaan yang masuk ke dalam kriteria penelitian yang kemudian diolah dengan regresi linear. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa hanya variabel dewan direksi dan return on equity yang memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel lainnya berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa keberadaan dewan direksi dan nilai return on equity dapat meningkatkan nilai perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:27
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22854

    Actions (login required)

    View Item